10 Tips Cara Mengambil Foto Pernikahan untuk Pemula

10 Tips Cara Mengambil Foto Pernikahan untuk Pemula

Apakah Anda ingin mengambil foto pernikahan yang lebih baik? Pernikahan adalah salah satu hari paling berharga bagi pasangan. Jika Anda seorang fotografer pernikahan, maka Anda bertanggung jawab untuk mengabadikan momen terbaik dan membuat album kenangan indah di hari besar! Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips terbaik tentang cara mengambil foto pernikahan yang menakjubkan dan kesalahan umum fotografi pernikahan yang harus dihindari.

Kunjungi website sponsor resmi dari blog kami di link berikut : spadegamingslot

Berikut adalah beberapa konsep yang akan kami bahas. Memahami kiat-kiat ini akan membantu Anda mempersiapkan pemotretan pertama Anda:

  • Bekerja berpasangan
  • Datang siap dengan peralatan yang bagus
  • Merencanakan pemotretan Anda
  • Mengetahui siapa dan apa yang harus difoto
  • Mengabadikan momen-momen kecil

Apa itu Fotografi Pernikahan?

Sebelum Anda benar-benar dapat memahami bagaimana tips kami akan membantu fotografi pernikahan Anda, Anda harus memahami apa yang membuat memotret upacara pernikahan dan resepsi pernikahan menjadi menantang.

Fotografi pernikahan berbeda dari genre fotografi lainnya, karena Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk mendapatkan gambar yang benar. Pernikahan biasanya hanya berlangsung satu hari — hari pernikahan! Itu berarti ada sedikit ruang untuk kesalahan di pihak fotografer. Anda harus memastikan bahwa Anda siap untuk memotret pada saat itu juga.

Pengantin wanita, pria, keluarga dan teman-teman mereka mungkin stres, jadi penting juga bagi Anda untuk mempertahankan sikap positif dan santai.

Seperti banyak fotografer acara lainnya, Anda pasti ingin memastikan bahwa Anda mempersiapkan kontrak fotografi pernikahan terlebih dahulu untuk ditandatangani oleh pesta pernikahan. Memiliki kesepakatan yang mapan di depan menghilangkan kemungkinan ketidaksepakatan di telepon. Perjanjian ini harus mencakup jumlah total kiriman yang akan diterima klien Anda setelah pemotretan selesai.

Tips Fotografi Pernikahan

Berikut adalah beberapa tips fotografi pernikahan terbaik untuk membantu Anda sukses dalam mengambil foto pernikahan dan foto keluarga terbaik di acara Anda berikutnya.

1. Bantu Profesional

Anda harus mengetahui apa yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam fotografi pernikahan sebelum memotret pernikahan apa pun. Mempelajari dasar-dasar dari seorang fotografer veteran akan membantu Anda menghindari kesalahan umum.

Cobalah menghubungi fotografer pernikahan profesional sebelum Anda memulai bisnis fotografi pernikahan Anda sendiri. Mereka mungkin mengizinkan Anda untuk membayangi mereka di pesta pernikahan yang telah mereka pesan, atau meminta saran dari otak mereka.

Anda dapat memperoleh pengalaman langsung saat bekerja bersama seorang profesional berpengalaman yang dapat Anda terapkan pada pemotretan berikutnya. Beberapa tips yang Anda pelajari mungkin bukan hal baru bagi Anda, tergantung pada keterampilan fotografi Anda. Namun, selalu membantu untuk melihat bagaimana profesional lain di bidang Anda bekerja untuk mencapai hasil terbaik.

2. Uji Kamera Anda Terlebih Dahulu

Anda harus memeriksa semua gadget Anda untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik sebelum Anda pergi untuk mengambil foto pernikahan yang bagus.

Anda mungkin ingin membawa tripod untuk digunakan pada upacara pernikahan, selain beberapa lensa kamera dan lampu kilat eksternal. Jika pernikahan yang Anda potret berlangsung di dalam ruangan, Anda mungkin juga memerlukan peralatan pencahayaan lainnya. Untuk upacara di luar ruangan, Anda mungkin bisa bertahan dengan pantulan daripada lampu yang rumit.

Sebaiknya Anda berhati-hati dan membawa lebih banyak peralatan daripada yang Anda pikir Anda perlukan. Kemas beberapa baterai cadangan dan kartu memori agar Anda tidak melewatkan apa pun, mulai dari minuman di jam koktail hingga tarian yang menyenangkan di lantai dansa.

3. Kemas Aksesoris Yang Cukup

Sebagai fotografer profesional, membuat alasan untuk kegagalan Anda tidak terlihat bagus. Jadi, bawalah semua aksesori yang Anda perlukan untuk mengambil foto pernikahan yang bagus. Jika bisa, bawalah laptop untuk mengelola backup foto Anda secara real-time. Ini akan membantu Anda menghindari potensi kecelakaan teknologi yang signifikan, termasuk kehilangan data foto.

Ingin tahu berapa biaya untuk memulai bisnis fotografi? Kami punya panduan untuk itu.

4. Berfoto bersama Pasangan

Anda tidak dapat membawa semua aksesori fotografi sendirian. Anda mungkin membutuhkan uluran tangan untuk mengambil gambar fotografi pernikahan terbaik yang Anda bisa. Anda mungkin juga memerlukan fotografer profesional lain untuk membantu mengelola cahaya, mengambil bidikan percobaan, dan menangkap pemandangan yang biasanya Anda lewatkan. Anda tidak bisa berada di mana-mana sekaligus!

Mintalah seorang fotografer pernikahan untuk menjadi asisten Anda dengan imbalan menjadi orang kedua dalam perintah mereka di acara berikutnya. Perdagangan ini adalah cara cerdas untuk tetap pada anggaran dan mendapatkan bantuan dari fotografer pernikahan yang berpengalaman.

5. Pra-Rencanakan Pemotretan

Merencanakan pemotretan Anda sama pentingnya dengan pemotretan itu sendiri. Luangkan waktu ekstra untuk bagian ini dari persiapan fotografi pernikahan Anda.

Anda akan ingin menjadwalkan waktu untuk mengambil beberapa foto pengantin di lokasi yang berbeda. Pasangan akan mengikuti instruksi Anda dan tunduk pada penilaian profesional Anda, tetapi mereka mungkin juga memiliki ide sendiri untuk operasi foto.

Bagaimana Anda memutuskan untuk berpose pasangan di foto terserah Anda. Kami merekomendasikan untuk menunjukkan kepada klien Anda panduan pose saat Anda merencanakan pemotretan bersama. Biarkan mereka memilih pose yang mereka inginkan untuk foto pernikahan mereka, dan kemudian menambahkannya ke dalam kontrak yang Anda berdua tandatangani.

Bergantung pada seberapa nyaman klien Anda di depan kamera, Anda mungkin harus memberikan instruksi tambahan untuk menangkap bidikan terbaik. Itulah mengapa sangat penting untuk bersabar dengan pengantin baru. Semakin Anda dapat membantu mereka merasa nyaman, semakin mereka akan menikmati pengalaman tersebut.

Dan ingat, iklan dari mulut ke mulut sangat penting untuk mengembangkan bisnis fotografi. Seorang fotografer yang sabar adalah salah satu yang akan direkomendasikan oleh klien Anda!

6. Tangkap Yang Pertama

Pasangan ingin mengingat setiap menit dari hari besar mereka, terutama momen-momen pertama yang menjadi tonggak sejarah. Pengalaman pertama yang monumental ini termasuk ciuman pertama pasangan, tarian pertama, dan pandangan pertama. Klien Anda bahkan mungkin merencanakan “momen pertama” nontradisional mereka sendiri, jadi penting untuk bertanya kepada mereka tentang momen spesial yang ingin mereka foto.

Rencanakan waktu untuk momen-momen pertama ini, dan pastikan Anda telah menyiapkannya terlebih dahulu untuk mengambil bidikan terbaik. Tonggak sejarah ini cepat, jadi Anda harus bersiap sebelumnya.

Strategi terbaik untuk memastikan bahwa gambar momen pertama Anda keluar dengan baik adalah dengan mengatur kamera Anda dengan kecepatan rana tinggi sehingga Anda dapat mengambil banyak foto dengan cepat tanpa penundaan. Dengan begitu, dalam pasca-pemrosesan, Anda akan memiliki serangkaian gambar yang dapat Anda pilih yang terbaik.

Cobalah untuk mendapatkan sudut yang berbeda dari momen pertama ini juga! Misalnya, jika pasangan merencanakan pintu masuk yang megah, coba siapkan beberapa kamera dengan rana jarak jauh untuk menangkap pintu masuk dari berbagai sudut pandang.

7. Tembak Reaksinya

Pengantin baru senang melihat foto tamu mereka bersenang-senang di album pernikahan mereka. Jika Anda melihat tamu dan teman bersenang-senang di lantai dansa atau saat resepsi makan malam, cobalah mengabadikan momen tersebut juga. Ekspresi kerabat, teman, dan keluarga yang muncul untuk mendukung klien Anda layak untuk ditangkap.

Jika Anda bekerja dengan asisten, ini adalah pekerjaan yang bagus untuk mereka asumsikan. Tugaskan mereka untuk menangkap “WOW!” ekspresi tamu dan keluarga saat Anda tinggal dekat dengan pengantin.

Minta pasangan Anda untuk mengambil foto dengan cepat dan menutupi wajah sebanyak mungkin. Ini adalah kesempatan yang menyenangkan, dan momen-momen ini harus diabadikan untuk dilihat pasangan nanti.

8. Kenali Tamunya

Dalam sebuah pernikahan, ada semua jenis tamu. Tetangga, rekan kerja, saudara, teman dan lain-lain akan muncul untuk menunjukkan dukungan mereka untuk pasangan bahagia. Meskipun menangkap kegembiraan para tamu itu penting, ingatlah bahwa para tamu tidak mempekerjakan Anda untuk pemotretan.

Diskusikan daftar tamu dengan pasangan untuk menunjuk beberapa tamu VIP. Tamu istimewa ini harus mendapatkan potret prioritas, dan Anda harus berusaha mempelajari nama mereka dan membuat mereka merasa nyaman untuk pemotretan.

Seperti yang sudah Anda ketahui, teman dan keluarga dari kedua mempelai adalah kehidupan pesta. Mereka penting bagi pasangan, yang berarti mereka penting bagi Anda. Berencana untuk memotret beberapa potret bagus mereka bersama pasangan dan solo.

9. Ambil Foto Grup

Semua orang ingin memiliki potret dengan pasangan, yang bisa memakan waktu semalaman! Lebih baik memotret secara berkelompok. Jika tidak, Anda tidak akan memiliki cukup waktu untuk pemotretan yang paling penting.

Kelola grup ini secara efisien dengan bantuan pasangan Anda. Asisten Anda mungkin bertanggung jawab untuk menetapkan kelompok, memperbaiki rambut kusut, dan menyesuaikan detail kecil lainnya sehingga Anda dapat fokus pada pemotretan.

Saat memotret grup, sulit untuk membuat semua orang terlihat sempurna pada saat yang bersamaan. Beberapa orang berkedip, yang lain tidak fokus. Itulah mengapa sangat membantu untuk mengambil banyak bidikan ekstra, sehingga Anda dapat memilih gambar terbaik untuk setiap grup.

10. Carilah Senyum

Di mana ada senyuman, di situ ada momen yang layak diabadikan. Anak-anak bermain, orang-orang berbisik tentang momen spesial, teman tertawa dari sudut — ini semua adalah momen tersembunyi dalam upacara pernikahan dan resepsi yang dapat menghidupkan album pernikahan.

Anda tidak dapat membuat atau merencanakan momen ini, karena momen tersebut langka dan orisinal. Itu berarti Anda harus mewaspadai mereka, dan jangan ragu untuk mengklik rana Anda! Pasangan akan menyukai foto-foto seperti ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.